Header UtamaWBK

on . Hits: 49

Kegiatan Kultum Ramadhan 1442 H Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura

Siak Sri Indrapura - pa-siak.go.id

WhatsApp Image 2021-05-06 at 13.15.56.jpeg

Kamis, 06 Mei 2021 telah dilaksanakan kegiatan Kultum Ramadhan 1442 H Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura yang dilaksanakan di Mushola Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura. Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura yang dilaksanakan setelah shalat Zuhur berjama’ah, yang bertugas menyampaikan kultum yaitu Hakim Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura, H. Muhammad Novriandi, S.H.

Dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa Allah memerintahkan kepada umatnya untuk bersegera mencapai ketaqwaan dan menjadi umat yang bertaqwa. Apapun arti dan definisi dari Takwa secara prinsip yang harus dijadikan sebagai dasar seseorang bertakwa adalah ketika seseorang tersebut mampu secara ikhlas mengerjakan segala perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya. Takwa sesungguhnya adalah ketika kita bersungguh-sungguh menjauhi seluruh dosa, baik yang besar maupun yang kecil, dan bersungguh-sungguh melakukan seluruh bentuk ketaatan. Kualitas ketakwaan seorang hamba sejatinya dapat dilihat dari sejauh mana ia dapat secara konsisten menjalankan apa yang diperintahkan Allah dan apa yang dilarang oleh-Nya. Semakin konsisten dalam menjalankan perintah-Nya, maka ia semakin tinggi kadar ketakwaanya kepada Allah. Berikut adalah ciri-ciri orang bertaqwa :

1. Orang yang menginfakan hartanya dikala dia lapar dan dikala dia sempit.

2. Orang yang mampu menahan amarahnya.

3. Orang yang mampu memberikan maaf sebelum orang lain meminta maaf.

WhatsApp Image 2021-05-06 at 13.15.58.jpeg

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Allah juga memerintahkan manusia untuk segera bertaubat kepadanya, dan memanfaatkan momen bulan Ramadhan ini untuk dapat memperbaiki diri dan semakin mendekatkan diri kepada Allah. Syarat taubat menurut beliau adalah: adanya rasa penyesalan, adanya tekad untuk tidak mengulanginya dan berubah menjadi lebih baik untuk menutupi dosa yang lalu, tidak membuka aib diri sendiri dan bertaubat sebelum waktunya terlambat. Alhamdulillah kegiatan kultum Ramadhan tersebut berjalan dengan tertib dan lancar.

Add comment


Security code
Refresh

Lokasi Kantor