Header UtamaWBK

on . Hits: 123

Pelaksanaan Ekspose Hasil Pembinaan dan Pengawasan Tim Hatibinwasda PTA Pekanbaru di Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura

Siak Sri Indrapura - pa-siak.go.id

 

 

WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.12.13

Siak Sri Indrapura , 25 /05/2022 Pukul 08:00 WIB telah dilaksanakan Penyampaian Ekspose Hasil Pembinaan dan Pengawsan dari Tim Hatibinwasda Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru. Pelaksanaan Ekspose tersebut dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura, Amri Yantoni S.H.I.,M.A. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas Pembinaan dan Pengawasan yang diberikan oleh Tim Hatibinwasda PTA Pekanbaru kepada seluruh Aparatur Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura. Beliau kemudian memperkenalkan seluruh Aparatur Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura di depan Tim Hatibinwasda PTA Pekanbaru.

WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.12.16

Penyampaian Ekspose hasil Pembinaan dan Pengawasan dibuka oleh Ketua Hatibinwasda PTA Pekanbaru Y.M. Drs.H.M. Nasrul K.,S.H.,M.H. beliau menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa melalui semangat persaudaraan beliau dan tim Hatibinwasda PTA Pekanbaru atas Perintah Ketua PTA Pekanbaru melaksanakan tugas Pembinaan dan Pengawasan di Satuan Kerja Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura.

Beliau kemudian memperkenalkan anggota tim Hatibinwasda PTA Pekanbaru yang terdiri Ibu Erni, S.H.,M.H. Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru sebagai Sekretaris Tim, Ibu Ratnawilis, S.H.I. Analis Kepegawaian Muda PTA Pekanbaru Sebagai Anggota dan Bapak Winarto, AMd.,S.H.,M.H. Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru sebagai anggota.

WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.12.17

Lebih lanjut menurut Y.M.  Drs.H.M. Nasrul K.,S.H.,M.H. Pembinaan dan Pengawasan ini merupakan tanggung jawab yang mesti dilaksanakan demi kemaslahatan dalam menjaga reputasi dan marwah Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura, Beliau menyadari bahwa Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura telah meraih banyak prestasi yang telah diakui Negara dan Nasional, Maka tugas warga Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura adalah mempertahankan prestasi tersebut.

 WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.12.20

Dengan diawali membaca basmallah Ekspos Penyampaian Hasil Pembinaan dan Pengawasan dilaksanakan dimulai dengan penyampaian ekspos dari Ibu Ratnawilis, S.H.I. Analis Kepegawaian Muda PTA Pekanbaru. Beliau menyampaikan bahwa Pembinaan dan Pengawasan dilakukan semata – mata untuk menyamakan persepsi sesuai arahan PTA Pekanbaru terkait teknis dan tertib administrasi di bagian Kepegawaian di Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura yang menurutnya telah berjalan dengan baik. Harapan beliau untuk dapat dikembangkan lagi dan lebih maju lagi.

WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.25.17

 

Selanjutnya, tibalah giliran Ibu terdiri Erni, S.H.,M.H. Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru sebagai Sekretaris menyampaikan Ekspose Hasil Pembinaan dan Pengawasan di Bidang Kepaniteraan. Dimana beliau menyampaikan bahwa Pembinaan dan Pengawasan merupakan amanah dari Ketua PTA Pekanbaru dan harus dilaksanakan dengan sebaik – baiknya. Beliau menyampaikan tentang sejauh mana tata kelola dan tertib adminstrasi perkara yang menurut hemat beliau memuaskan. Hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait teknis pelaksanaan tata kelola administrasi perkara yang menurut beliau perlu ditingkatkan lebih baik lagi misalnya detail dan tata kelola terkait dengan keuangan perkara, pembukuan biaya proses hingga arsip perkara.

 WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.25.20

Selanjutnya, Bapak Winarto, AMd.,S.H.,M.H. Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru memaparkan tentang Hasil Pengawasan dan Pembinaan pada bagian Umum dan Keuangan yang menurut beliau seluruh Aparatur atau SDM sudah mumpuni,handal serta kompak. Pada bagian Administrasi Umum dan Keuangan sudah baik namun sarana dan prasarana serta sektor kemanan khususnya di pintu masuk gerbang utama satker mesti lebih ditingkatkan lagi. Beliau juga membahas Mengenai Asset tetap baik yang tidak bertuan dan nilainya harus diupayakan diatas nilai kapitalisasi. Pelaksanaan teknis bendahara dan tata kelola keuangan telah sesuai prosedur yang berlaku dalam hal realisasi sarpras harus dipertimbangkan untuk dapat segera terealisasi.

 WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.12.18

Terakhir, Y.M.Drs.H.M.Nasrul K.,S.H.,M.H. menyampaikan tentang hasil ekspos Pembinaan dan Pengawasan yang dilakukan oleh beliau terkait Aspek Manajemen Peradilan dan Pelayanan di Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura yang dirasa memuaskan. Walaupun begitu ada beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan yakni terkait update data Pimpinan pada beberapa dekorasi penting . Masukan tentang upaya pemindahan ruang arsip ke lantai I. Penilaian terhadap Kinerja Pelayanan Publik, Beliau juga memberikan Rekomendasi Dekorum yang dirasa Ideal di ruang sidang,ruang Pustaka, PTSP hingga Ruang Ketua dan Posbakum.

Selain itu, Implementasi 5 S dan 5 R dan hospitality yang baik kepada masyarakat harus senantiasa diimplementasikan, Sinergitas antara core Business dan Suporting Unit agar dapat terus ditingkatkan lagi. Hal Ihwal terkait Manajemen Peradilan dan bahwasannya Pelayanan Prima bukan hanya milik pihak eksternal namun juga bagi pihak internal. Siak Sri Indrapura telah harum dikancah nasional Secara keseluruhan beliau mengaku puas dengan Manajemen Peradilan dan Pelayanan di Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura namun ada hal –hal kecil yang mesti dilengkapi karena dari hal – hal kecil itulah timbul masalah yang besar maka ada baiknya kita berupaya untuk mencegah dan berbenah menjadi lebih baik lagi.

Beliau menyadari bahwa Pembinaan dan Pengawasan tidak bermaksud menggurui sama sekali akan tetapi dengan membawa semangat rasa kekeluargaan yang tinggi demi kemaslahatan bersama khususnya di Lingkungan Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura maka menjadi kewajiban kita bersama hasil Pembinaan dan Pengawasan dari Hatibinwasda PTA Pekanbaru harus dilaksanakan sebagaimana mestinya. Beliau menyadari bahwa beliau sangat ingin mengenel lebih dekat seluruh Aparatur Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura karena beliau ingin membangun silaturahmi antar satu sama lain dalam rangka membimbing aparatur berproses menjadi Aparatur yang mempunyai mindset untuk berjuang tanpa lelah memberikan yang terbaik seperti Ketua PTA Pekanbaru saat ini.

Beliau memberikan masukan strategis kepada Ketua Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura Amri Yantoni S.H.I.,M.A. dan jajarannya untuk senantiasa berjuang tanpa rasa lelah seperti yang ditunjukkan oleh Ketua PTA Pekanbaru. Berupaya membangun kerjasama yang baik demi meneruskan tonggak estafet kepemimpinan Ketua dan Wakil Ketua PA Siak Sri Indrapura terdahulu sehingga dapat terus membawa nama harum Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura atas prestasi yang diraih selama ini dimana hal tersebut telah diakui Negara dan nasional. Beliau juga mengusulkan lahan dan letak area strategis untuk pembangunan gedung baru nantinya kepada Ketua Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura . Beliau menyarankan untuk berupaya membangun Komunikasi dengan Pihak Eksternal secara proaktif dan produktf, hindari sifat ekslusifitas, usahakan untuk menjemput bola dalam upaya terkait lahan pengadaan gedung baru dalam mewujudkan gedung Pengadilan Agama yang telah memenuhi kriteria gedung prototype di Lingkungan Peradilan Agama. Teruslah membangun kreasi yang sifatnya positif demi kemajuan satker.

 

WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.12.14

Ketua Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura, Amri Yantoni S.H.I.,M.A. mengucapkan rasa terima kasih atas Pembinaan dan Pengawasan Hatibinwasda PTA Pekanabaru ke Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura.

WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.25.23

Pembinaan dan Pengawasan Hatibinwasda dari PTA Pekanbaru diakhiri dengan serah terima Hasil Pembinaan dan Pengawasan Hatibinwasda PTA Pekanbaru kepada Ketua Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura, Amri antoni S.H.I.,M.A. untuk dapat ditindaklanjuti segera sesuai batas waktu yang diberikan. Kegiatan ekspose ini berjalan dengan lancar dan ditutup dengan sesi photo bersama.

WhatsApp Image 2022 05 25 at 11.25.25

 

Add comment


Security code
Refresh

Lokasi Kantor